Selasa, 02 Oktober 2012

pengertian etika,hedonisme,egoisme dan perbedaan antara hedonisme dengan egoisme.



1.      Sebutkan beberapa pengertian etika menurut para ahli!!
2.      Apa pendapat anda tentang Hedoisme dan apa perbedaannya dengan egoism?


1.      Pengertian etika:
a.       Drs. O.P. SIMORANGKIR : etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berprilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.
Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat : etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.
b.      Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat. Etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.
c.       Drs. H. Burhanudin Salam Etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai norma dan moral yang menentukan perilaku manusia dalam hidupnya.
d.      Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia (W.J.S Poerwadarminto, 2002). Pengertian etika adalah ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak (moral).
e.       Kamus Besar Bahasa Indonesia (Departemen Pendidikan dan Kebudayaa,1988). Etika dimengerti sebagai: Pertama, ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk, tentang hak dan kewajiban moral (akhlak): nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Kedua, etika merupakan kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan moral dan kode etik. Ketiga, etika dimengerti sebagai nilai benar atau salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat.
f.        Adapun pengertian etika menurut saya apabila melihat definisi dari beberapa ahli,maka dapat di simpulkan bahwa yang dimaksud dengan etika yaitucabang ilmu filsafat yang berbicara tentang bagaimana perilaku manusia mengatur dirinya dalam kehidupannya tentang adar istiadat yang ada pada suatu tempat atau tentang pemikiran moral.
2.      Pengertian hedonisem,dan perbedaannya dengan egoism:
a.       Menurut buku “Filsafat Moral”, Hedonisme merupakan salah satu teori etika yang paling tua, paling sederhana, paling kebenda-bendaan, dan dari abad ke abad selalu kita temukan. Untuk aliran ini, kesenangan (kenikmatan) adalah tujuan akhir hidup dan yang baik yang tertinggi. Kaum hedonis modern memilih kata kebahagiaan untuk kesenangan.
b.      Dalam kamus Collins Gem (1993)  hedonisme adalah doktrin yang menyatakan bahwa kesenangan adalah hal yang paling penting dalam hidup. 
c.       Menurut (Echols,2003), Hedonisme adalah paham yang dianut oleh orang-orang yang mencari kesenangan hidup semata-mata.
d.      Menurut pendapat saya pengertian hedonisme yaitu tindakan manusia yang hanya mencari kesenangan atau kebahagiaan sebanyak-banyak nya dalam menjalani hidupnya untuk menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan.
e.       Egoisme adalah cara untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang menguntungkan bagi dirinya sendiri, dan umumnya memiliki pendapat untuk meningkatkan citra pribadi seseorang dan pentingnya - intelektual, fisik, sosial dan lainnya
·        perbedaan antara Hedonisme dengan egoisme yaitu jika hedonism orang yang mencari kesenangan sedangkan egoisme berarti menempatkan diri pada inti dunia seseorang tanpa kepedulian terhadap orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar