Sabtu, 27 Maret 2010

LAPISAN-LAPISAN DALAM MASYARAKAT (STRATIFIKASI SOSIAL)

LAPISAN-LAPISAN DALAM MASYARAKAT (STRATIFIKASI SOSIAL)
Ø PENGERTIAN
- Aristoteles (filsuf bangsa Yunani) → Mengatakan bahwa di dlm tiap2 negara terdapat 3 unsur,yaitu:
mereka yang kaya sekali, mereka yg berada di tengah2nya & mereka yg melarat.
- Pitirim A. Sorokin → Perbedaan penduduk /masyarakat ke dalam lapisan2 kelas2 scr bertingkat (hirarkis)
- Drs. Robert M.Z. Lawang → Penggolongan orang2 yg termasuk dlm suatu system social tertentu ked lm lapisan2 hirarkis menurut dimensi kekuasaan, privilese dan prestise.
- Kesimpulan → Stratifikasi social menunjukan perbedaan penggolongan, pada lapisan yg mana seseorang itu berada. Apakah lapisan atas, menengah & bawah.
Ø KONSEP2
- Penggolongan:
o Proses → Subyektif: defenisi dari dlm hubungan interaksi dgn orang lain
o Hasil → Objektif : terlepas dari individu
- System social → System social dlm hubungan nya dgn system stratifikasi harus dilihat sebagai sesuatu yg membatasi dimana penggolongan itu berlaku
- Prestise (kehormatan) → Masalah kehormatan sifatnya leratif. Dlm arti kehormatan harus kita kaitkan dgn suatu kebudayaan atau system social tertentu.
- Privilese → Artinya hak istimewa,hak untuk memperoleh perlakuan khusus. Dlm studi stratifikasi sosial,minimal privilese ini dihubungkan dlm dua hal, yaitu: ekonomi & budaya.
o Privilese ekonomi: uang atau kekayaan mrpkn alat yg dpt membuat seseorang perlakuan yg istimewa.:
1. Bidang pendidikan
2. Bidang kesehatan
3. Bidang pekerjaan
o Privilese budaya:dpt memberi hak istimewa scr tdk lgsg yg memungkinkan mrk yg memiliki nya dpt memperoleh privilese dlm bidang ekonomi.
- Lapisan Hirarkis → Dalam studi sosiologi ada beberapa istilah yang sudah baku yang menggambarkan perbedaan lapisan, yaitu upper, middle, lower
- Kekuasaan → Max Weber, kekuasaan adalah ‘KESEMPATAN (change probability) yang ada pada seseorang atau sejumlah orang untuk melaksanakan kemauannya sendiri dalam suatu tindakan dalam suatu tindakan itu’.
3 jenis kekuasaan:
o Kekuasaan utilitarian ; suatu ajaran yang mengatakan bahwa tindakan itu baik kalau berguna (useful)
o Kekuasaan Koersif : kekuasaan yang memaksa dengan menggunakan asset (senjata, tenaga mannusia, atau organisasi seperti polisi, tentara atau badan keamanan lainnya).
o Kekuasaan Persuasif ; hampir sama dengan koersif, tetapi konsep ini menggunakan nilai, perasaan atau kepercayaan yang ada dala suatu masyarakat tertentu
Ø Hubungan Antardimensi Stratifikasi Sosial
- Yg dimaksud dimensi adlh kekuasaan,privilese, & prestise. Sedangkan yg dimaksud dgn hubungan adlh terutama mengenai penjelasan apakah kalau org itu berkuasa juga berprivilese& sebaliknya.
- Max Weber: Bahwa kekuasaan memperlihatkan gejala tersendiri yg lain daipada privilese & prestise. Atas dasar ini Weber membedakan kedalam 3 kelas:
o Kelas kepemilikan : mereka yg memiliki benda2 berharga dsb.
o Kelas perdagangan didasarkan pada keahlian yg dilihat dari segi pendapatan
o Kelas sosial menurut Weber yg membedakan antara lapisan yg ada adalah gaya hidup ( live style)
NAMA : RATIH GALIH KIRANA
NPM : 25209061
KELAS : 1EB18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar